Laman

Kamis, 11 Oktober 2012

Kiat mencegah stroke sejak dini








Adapun untuk menghindari stroke seseorang bisa melakukan tindakan pencegahan termasuk membiasakan diri menjalani gaya hidup sehat. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa anda lakukan:

1.Kontrol tekanan darah agar tetap normal.

Riset menunjukkan rajin kontrol tekanan darah mengurangi 40 % resiko stroke. Bila tekanan darah Anda selalu di atas 140 / 90 berarti Anda mengalami tekanan darah tinggi.

2.Hindari dan hentikan kebiasaan merokok.

Kebiasaan ini dapat menyebabkan atherosclerosis (pengerasan dinding pembuluh darah) dan membuat darah anda mudah menggumpal, menjauhi rokok (tembakau) mengurangi resiko stroke 33%.

3.Kendalikan penyakit jantung.

Kalau Anda memiliki  gejala / gangguan jantung seperti detak yang tidak teratur / kadar kolesterol tinggi, berhati-hatilah karena hal itu akan meningkatkan resiko terjadinya stroke.

4.Atasi dan kendalikan stres depresi.

Dari hasil riset yang dilakukan oleh para peneliti dari Harvard of Public Health, Amerika Serikat menemukan bahwa depresi  dapat meningkatkan resiko serangan stroke sebesar 45% dan sebanyak 55% dapat meningkatkan resiko bagi stroke yang mematikan. Penelitian lainnya yang dipiblikasikan di Journal of The American Association juga mengungkapkan bahwa depresi terkait dengan 25% resiko terjadinya Ischemic Stroke yang disebabkan oleh terhalangnya aliran darah ke otak.

5.Makanlah dengan sehat.

Memakan sedikitnya 5 porsi buah dan sayuran setiap hari sangatlah penting. Hindari makan daging merah terlalu banyak karena lemak jenuhnya bisa membuat pembuluh darah mengeras.

6.Kurangi garam.

Karena garam cenderung meningkatkan tekanan darah sehingga memperbesar resiko terjadinya stroke.

7.Pantau berat badan Anda.

Memiliki badan gemuk / obesitas akan meningkatkan resiko Anda mengalami tekanan darh tinggi, penyakit jantung dan diabetes dan semuanya dapat memicu terjadinya stroke.

8.Berolah raga aktif.

Melalukan aktivitas fisik secara teratur membantu Anda menurunkan tensi darah dan menciptakan keseimbangan lemak yang sehat dalam darah. Riset menunjukkan mereka yang mulai latihan pada usia antara 25-40 tahun, resikonya terserang stroke berkurang 57%, sedangkan yang mulai latihan saat usia 40-55 tahun, kesempatannya 37% lebih baik untuk terhindar stroke.

9.Kurangi alkohol.

Meminum alkohol dapat menaikkan tensi darah, oleh karena itu menguranginya berarti menghindarkan Anda dari tekanan darah tinggi.

10.Konsumsi lemak yang baik bagi tubuh yaitu Asam Lemak Essensial, Omega 3 dan Omega 6.

Omega 3 dan Omega 6 sangat bermanfaat bagi kesehatan pembuluh darah, otak dan jantung. Kualitas omega 3 dan Omega 6 yang terbaik, sumber bahan baku pun harus berkualitas dan bebas dari pencemaran.

Tidak ada komentar: